(Mekanika Fluida) Pengertian Fluida



Secara umum kita mengenal bahwa ada 3 jenis zat, yaitu zat cair, zat gas, dan zat padat. Adapun dari sisi pandang ilmu mekanika fluida, setiap benda hanya berada di dalam dua wujud, yaitu fluida dan solid (padat). 




Perbedaan ini sangat mudah dimengerti oleh orang awam sekalipun, sehingga sangat menarik jika kita bertanya kepada orang awam untuk menjelaskan perbedaannya. Tetapi, secara teknis dapat dibedakan dengan reaksi keduanya terhadap tegangan geser. Benda padat mampu melawan terhadap tegangan geser dengan mengembalikan bentuknya kembali seperti semula, sedangkan fluida tidak bisa. Fluida akan bergerak dan berubah, secara kontinyu seperti wadahnya selama menerima gaya geser.







Selain 4 dimensi utama yang disebutkan, ada beberapa dimensi turunan yang digunakan di dalam berbagai persamaan di dalam mata kuliah mekanika fluida.





Suatu sifat penting dari zat adalah rasio massa terhadap volumenya yang dinamakan massa jenis atau rapat massa. Rapat massa rho didefinisikan sebagai massa zat cair tiap satuan volme pada temperature dan tekanan tertentu.

Dengan M sadalah massa yang menempati volume V.  Dalam sistem satuan internasional, apabila massa diberikan dalam kilogram (kg), maka rapat massa adalah dalam kg/m3. Rapat massa air pada suhu 4 C dan tekanan atmosfer standar adalah 1000 kg/m3.

Mercury:  13,580 kg/m3 
Hydrogen: 0.0838 kg/m

Berat jenis adalah berat benda tiap satuan volume ada temperature dan tekanan tertentu. 

Berat suatu benda adalah hasil kali antara massa dan percepatan gravitasi. Terdapat hubungan berat jenis dan rapat massa dalam bentuk berikut : (lihat rumusan di slide)

Berat jenis air pada 4 C dan tekanan atmosfer adalah 9,81 kN/m3 atau 1000 kgf/m3 atau 1 ton/m3





Kerjakan Soal


Pembahasan Soal














Referensi :

Bambang Triatmodjo, 1993, Hidraulika I, Beta, Yogyakarta
White, Frank M. Fluid mechanics / Frank M. White. —7th ed.

Previous
Next Post »